RSS

"Makam Di Gunung Tidar"

Gunung Tidar berada di kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Disana sering digunakan untuk wisata spiritual seperti ziarah makam, lebih tepatnya ziarah ke petilasan Syeh Subakir, makam Kyai Panjang, dan makam Sang Hyang Ismoyo Jati atau biasanya disebut Kyai Semar.
 Sobat, sebenarnya gue baru satu kali pergi kesana, walaupun cuma satu kali, udah termasuk pengalaman yang menyenangkan buat gue, letak makam-makam yang udah disebutin di atas ada di puncaknya gunung lho, kalo mau sampai ke sana harus jalan kaki menaiki tangga-tangga yang semakin ke atas semakin curam ditemeni  banyak monyet yang hidup liar digunung tersebut, para monyet memang dibiarkan hidup liar karena disana memang  habitat asli mereka.
Perjalanan dari bawah sampai puncak gunung cukup memakan waktu yang lama, capek pula. Namun kalo kita sudah sampai atas terbayar sudah semua rasa capek. Susah deh diungkapin dengan kata-kata :D
  • Petilasan Syekh Subakir
Tempat pertama yang kita jumpai setelah sampai puncak adalah petilasan Syekh Subakir, di dekat petilasan juga terdapat musholla kecil dan pendopo untuk tempat istirahat sejenak. Kijing petilasan dikelilingi pagar tembok yang berbentuk lingkaran dan tanpa atap.
  • Mkam Kyai Panjang
Makam pertama  yang kita jumpai setelah petilasan Syekh Subakir adalah makam Kyai Panjang, panjang makamnya mencapai 8 meter lho sobat.

Dari makam Kyai Panjang gue jalan ke utara lagi menaiki tangga kemudian sampailah di Makam Kyai Semar, sebelum naik ke makam, gue sama keluarga menyempatkan diri foto-foto dulu di tugu putih yang letaknya sebelum makam. Gue share sedikit yha fotonya ^^ (jika terlihat unus mohon dimaklumi, wkwk :D)





Sebenarnya gunung tidar juga digunakan sebagai tempat sekolah Akademi Militer (Akmil) jadi kita harus berhati-hati, jangan melewati tempat-tempat tertentu yang dilarang karena mungkin ada granat atau semacamnya.
  • Makam Kyai Semae (Hyang Ismoyo Jati)
Setelah cukup puas berfoto ria, kita melanjutkan perjalanan menuju makam Kyai Semar dan tahlilan disana, Makam Kyai Semar bentuknya kerucut berwarna kuning, di dasar kerucut dikelilingi terdapat tulisan jawa Hanacaraka dan di puncaknya disunduk dengan janur kuning.Makam juga dikelilingi  pagar tembok yang berbentuk persegi , angka 9 pada panjang dan lebar tembok melambangkan Wali Songo yang jumlahnya ada 9 sebagai penyebar Agama Islam di pulau Jawa. Di komplek makam juga terdapat pohon Jati yang memang dibiarkan berada di dalam kompleks makam sesuai dengan nama Sang Hyang Ismoyo Jati. Selain hal-hal diatas, Lantai kijing Kyai Semar juga dikelilingi dengan kaca cermin lho sobat, kaca tersebut dibuat supaya setiap orang yang berziarah bisa berkaca terlebih dahulu, apakah wajahnya berupa hewan atau manusia.

Yeah, berikut postingan gue kali ini, moga bermanfaat ya? Happy Blogging :*




0 komentar:

Posting Komentar